Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

13 Cara Mencerahkan Bibir Agar Selalu Terlihat Bersih Dan Merah Merona

cara mencerahkan bibir
Dunia wanita adalah dunia yang sangat kompleks permasalahannya. Segala sesuatu harus nampak sempurna, mulai dari rambut, wajah, badan, kuku, hingga ke organ intim. Bisa dikatakan, tidak ada sejengkal pun pada tubuh wanita yang luput dari perawatan. Bahkan, wanita seolah saling berlomba untuk memberikan perawatan terbaik. Sehingga muncul istilah “Cantik itu Mahal”.

Efek Samping Lipstick Untuk Bibir

Namun dari berbagai macam perawatan di atas, ada satu bagian tubuh yang sering dilalaikan wanita, yaitu kesehatan bibir. Padahal, wanita sangat sering memoleskan lipstik untuk menunjang penampilan sehari-hari. Namun tahukah Anda, jika hal tersebut bisa menimbulkan efek samping?
Efek samping tersebut disebabkan oleh kandungan yang terdapat dalam lipstick, yaitu :

  • Timbal
    Timbal adalah salah satu jenis logam berat yang terdapat pada lipstik. Selain bisa menyebabkan gangguan pada saraf, timbal juga bisa memicu kanker. Dan logam ini akan lebih berbahaya, jika terpapar pada anak-anak. Oleh karena itu, simpan lipstik Anda di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.
  • Methylparaben
    Methylparaben adalah zat kimia yang memiliki peran untuk mengontrol pertumbuhan jamur, pada berbagai produk kecantikan. Meskipun anggapan methylparaben dapat memicu kanker masih menuai kontroversi, alangkah lebih baik jika Anda memilih lipstik dengan kandungan yang rendah.
  • Propylparaben
    Bahan kimia ini berfungsi sebagai bahan pengawet pada produk kecantikan. Bagi Anda yang memiliki bibir dengan tipe sensitif, harus lebih berhati-hati dalam memilih lipstik. Karena kandungan propylparaben, bisa menimbulkan alergi dan iritasi.
  • Retynil Palmitate
    Retynil palmitate adalah vitamin A sintetis yang terdapat pada berbagai produk kecantikan. Namun dibalik manfaat yang ia miliki, ternyata juga memiliki sisi negatif. Selain memberikan pengaruh pada reproduksi, zat ini juga dapat memicu kanker. Dan bagi Anda yang sedang hamil, harus lebih waspada lagi ya.
  • Tocopheryl Acetate
    Tocopheryl acetate berperan sebagai vitamin E sintetis pada produk kecantikan. Namun sayangnya, zat ini justru memiliki label “Moderate Hazard”, yaitu kategori berbahaya. Karena bisa menimbulkan iritasi, serta berbagai macam alergi, seperti terbakar, rasa gatal, luka, hingga muncul gelembung yang berisi cairan.
  • Colorants
    Kandungan zat pewarna bisa ditemukan di mana saja, termasuk produk kecantikan seperti lipstik. Seperti pada umumnya, zat pewarna pada lipstik pun ada yang aman, dan ada pula yang berbahaya. Salah satu pewarna yang berbahaya adalah D&C Red 22 Alumunium Lake.

Ini Dia Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami

Bagaimana, sudah ada gambaran tentang beberapa kandungan dan efek samping pada lipstik? Jika bibir merah merona adalah tujuan Anda, seperti sebuah kebetulan, karena saya akan berbagi mengenai cara mencerahkan bibir secara alami, tanpa efek samping. Check this out!

1. Madu

cara mencerahkan bibir dengan madu

Seperti yang sudah kita ketahui, madu mengandung banyak sekali mineral, vitamin, dan enzim yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun perlu Anda ketahui, jika ternyata madu juga dapat mengatasi berbagai macam permasalahan pada bibir. Seperti mengobati sariawan, mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, mencerahkan bibir yang menghitam, melembabkan bibir, hingga membuat bibir merah alami.

Cara :

Tuangkan madu secukupnya ke atas sendok makan. Lalu panaskan hingga encer dan berbusa. Diamkan sesaat, sampai madu menjadi hangat (suam-suam kuku). Oleskan secara merata ke bibir Anda, sambil melakukan pijatan-pijatan lembut. Diamkan selama 15-20 menit. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa melakukannya saat menjelang tidur.

2. Gula

Siapa sangka, jika bahan makanan yang dituding sebagai penyebab diabetes ini, ternyata sangat efektif untuk mencerahkan bibir secara alami (exfoliant). Gula juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir. Caranya pun terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu membuat scrub dari gula.

Cara :

Campurkan 1 sdm gula pasir dengan beberapa tetes madu (takarannya bisa dikira-kira, jangan terlalu banyak). Aduk secara merata hingga terbentuk gumpalan seperti pasir. Gosok dengan perlahan pada bibir, sampai terasa kulit bibir yang mengelupas. Setelah bibir terasa kasar, diamkan kurang lebih satu menit. Bilas dengan handuk basah yang lembut. Anda juga bisa mengganti madu dengan mentega.

3. Lidah Buaya

cara mencerahkan bibir dengan lidah buaya

Tanaman yang satu ini memang sedang naik daun, karena manfaatnya yang begitu banyak. Selain untuk kesehatan dan kecantikan, lidah buaya juga dapat mencerahkan bibir secara alami.

Cara :

Kupas lidah buaya, ambil gel yang terdapat di dalamnya. Oleskan pada bibir secara merata. Diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Cukup mudah, bukan!

4. Mentimun

Mentimun adalah buah yang memiliki kadar air yang cukup tinggi. Dan air yang terdapat pada mentimun, ternyata juga bisa melembapkan dan membuat bibir merona dengan alami.

Cara :

Belah mentimun, lalu gosokkan secara merata pada bibir. Dan biarkan mengering dengan sendirinya. Lakukan hal ini secara rutin, maka Anda akan mendapatkan bibir yang merah merona.

5. Strawberry

Strawberry merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Vitamin ini dikenal ampuh sebagai pemerah bibir. Tidak heran ya, jika ada beberapa lipbalm atau lipstik menggunakan buah ini sebagai pewarna sekaligus pewangi.

Cara memerahkan bibir dengan strawberry yakni:
Belah strawberry menjadi dua bagian, lalu oleskan merata pada bibir. Diamkan kurang lebih 15 menit. Bilas menggunakan air bersih.

6. Alpukat

cara mencerahkan bibir dengan alpukat

Buah alpukat mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh, kurang lebih 25 nutrisi. Wow, angka yang cukup fantastis untuk satu buah ya. Tidak salah, jika buah alpukat menjadi buah favorit kebanyakan orang. Selain itu, alpukat juga mengandung antioksidan dan vitamin yang bagus untuk kesehatan kulit, termasuk kulit bibir.

Cara :

Ambil daging buah alpukat secukupnya, lalu haluskan. Oleskan pada seluruh permukaan bibir, diamkan kurang lebih 15 menit. Bilas menggunakan air bersih.

7. Buah Bit

Buah bit adalah sejenis buah yang termasuk dalam kategori umbi-umbian. Daging di dalamnya berwarna sangat merah, sehingga sering digunakan sebagai pewarna makanan yang alami. Buah bit kaya akan karbohidrat, vitamin, dan juga mineral. Selain baik untuk tubuh, kandungannya tersebut juga dapat mengatasi bibir yang menghitam, dan memerahkannya kembali.

Cara :

Cuci buah bit hingga bersih, lalu ambil daging buah secukupnya. Haluskan menggunakan blender atau manual. Oleskan secara merata pada bibir, lalu diamkan selama 25 menit. Bilas menggunakan air bersih.

8. Daun Mint

Daun yang memberikan rasa semriwing ini, ternyata juga bermanfaat untuk mencerahkan bibir lho! Karena daun mint juga mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk bibir.

Cara :

Ambil 2 lembar daun mint, lalu cuci bersih. Tumbuk hingga halus, oleskan secara merata pada bibir. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas menggunakan air bersih.

9. Kunyit

cara mencerahkan bibir dengan kunyit

Kunyit memang dikenal sebagai bumbu dapur dengan kategori akar-akaran. Selain enak digunakan sebagai bumbu masak, kunyit juga biasa digunakan di berbagai produk kesehatan. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan karena kunyit mengandung minyak atsiri, beberapa mineral, dan kurkumin. Kurkumin ini juga dapat membantu memerahkan bibir secara alami.

Cara :

Bersih dan cuci kunyit sampai bersih, lalu parut. Ambil parutan kunyit tersebut, taruh ke dalam wadah. Diamkan sampai mengendap (air dan sari kunyit menjadi terpisah). Ambil sari kunyit secukupnya, oleskan pada bibir secara merata. Lakukan hal ini secara rutin, untuk hasil yang maksimal.

10. Jeruk Nipis

Jeruk terkenal sebagai buah dengan vitamin C yang tinggi, begitu pula dengan jenis jeruk nipis. Vitamin yang terkandung pada jeruk nipis dapat meminimalisir hiperpigmentasi, akibat paparan sinar matahari. Sehingga jeruk nipis dapat menjadi salah satu cara mencerahkan bibir.

Cara :

Peras jeruk nipis sampai keluar airnya, campur dengan madu. Oleskan secara merata pada bibir, saat menjelang tidur. Biarkan mengering dengan sendirinya hingga pagi hari.

11. Lemon

Lemon juga termasuk dalam keluarga jeruk, meskipun tidak setenar jeruk nipis. Harganya juga terbilang mahal, jika dibandingkan dengan jenis jeruk yang lain. Namun harga tersebut, sebanding dengan manfaat yang bisa diberikan. Vitamin C yang tinggi, bermanfaat untuk mencerahkan kulit, termasuk kulit bibir. Sedangkan kandungan alpha hydroxy acid bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara :

Ambil satu buah lemon, peras, dan ambil airnya. Oles-oleskan pada bibir sampai merata. Diamkan sebentar (kurang lebih 2 menit), lalu bilas menggunakan air bersih.

12. Delima

Buah yang terkenal cukup masam ini, ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak dalam dunia kesehatan dan kencantikan. Struktur molekul-molekul kecilnya dapat menyerap ke dalam sel kulit terdalam. Kandungan asam lemak omega 3 dan senyawa asam punicic, bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, termasuk kulit bibir. Sehingga warna merah pada bibir bisa tetap terjaga.

Cara :

Ambil 1 sdm biji delima, aduk-aduk hingga hancur. Tambahkan krim susu dan air mawar secukupnya, sampai berbentuk pasta. Oleskan dan berikan pijatan lembut pada bibir. Diamkan selama 2 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

13. Minyak Kelapa

Kelapa terkenal dengan julukan pohon sejuta manfaat, mulai dari daun, kayu, buah kelapa, hingga minyaknya. Minyak kelapa biasa digunakan sebagai andalan dalam menangani luka bakar. Namun ternyata, minyak kelapa juga bisa diandalkan dalam kecantikan lho! Karena minyak kelapa bersifat emolien, yaitu mampu melembapkan kulit secara alami, termasuk kulit bibir.

Cara :

Ambil minyak kelapa menggunakan jari kelingking. Oleskan pada bibir secara merata, saat menjelang tidur. Biarkan mengering sampai besok pagi.
Demikian beberapa cara mencerahkan bibir secara alami dan minim efek samping, yang bisa Anda praktekkan di rumah. Jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi air putih yang cukup, hindari paparan sinar matahari secara langsung, dan Anda harus lebih jeli lagi dalam memilih lipstik yang aman untuk bibir Anda.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.