Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

17 Cara Mengatasi Masuk Angin Dengan Cepat Dan Alami Tanpa Obat

cara mengatasi masuk angin

Masuk angin sudah menjadi keluhan yang lazim bagi banyak orang. Kondisi masuk angin sebenarnya masih sulit untuk dijelaskan dalam dunia medis karena sampai sekarang belum ada referensi kuat yang mendeskripsikan masalah kesehatan tersebut. Masuk angin dalam dunia medis lebih dikaitkan dengan dispepsi atau gangguan pencernaan. Meski demikian, kondisi masuk angin yang banyak dikeluhkan ini bukan hal yang sepele. Sedikit saja salah penanganan, masuk angin bisa memicu datangnya penyakit lain seperti flu, demam, hingga diare.

Inilah Cara Mengatasi Masuk Angin Alami

Cara mengobati masuk angin biasanya lebih banyak dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan. Bagi Anda yang ingin mencoba menghilangkan masuk angin secara alami atau dengan metode pengobatan tradisional, berikut beberapa cara mengatasi masuk angin yang bisa dengan mudah dipraktikkan adalah sebagai berikut!

1. Wedang Jahe

Pertama adalah dengan menggunakan rempah jahe. Jahe mengandung antioksidan sekaligus berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Masuk angin yang disebabkan karena terpapar udara dingin atau efek kehujanan sebaiknya dimulai dengan mengonsumsi wedang jahe untuk menghangatkan tubuh. Rebus dua ruas jahe dengan setengah gelas air dan tambahkan madu hingga mendidih. Setelah itu, minuman bisa dikonsumsi saat sudah hangat.

2. Teh Manis Hangat

cara mengatasi masuk angin dengan teh hangat

Teh manis dalam kondisi hangat mampu meringankan gejala masuk angin yang cukup mengganggu seperti hidung tersumbat ataupun demam. Kadar gula yang cukup manis juga mengurangi masuk angin dengan cepat.

3. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih menjadi andalan ketika masuk angin menyerang tubuh. Khasiat minyak kayu putih mampu mengatasi beberapa gejala masuk angin seperti hidung tersumbat dan perut kembung. Cukup dengan mengoleskan minyak kayu putih pada bagian perut atau dengan menghirup aroma kayuputih bisa mengatasi masuk angin dengan cepat.

4. Bawang Merah dan Bawang Putih

cara mengatasi masuk angin dengan bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih bukan hanya bermanfaat sebagai pelezat masakan. Bumbu dapur ini efektif juga menghilangkan masuk angin yang sudah akut dan menimbulkan banyak gejala. Oleskan irisan bawang merah pada bagian telapak kaki dan perut untuk menghilangkan perut kembung. Sementara untuk bawang putih bisa dikonsumsi langsung saat mentah. Biasanya bawang merah banyak digunakan untuk mengatasi masuk angin pada anak-anak.

5. Air Daun Pepaya

Daun pepaya ternyata memiliki khasiat yang ampuh untuk menghilangkan masuk angin. Memiliki rasa yang cenderung pahit, daun pepaya mengandung senyawa aktif yang membantu melawan bakteri serta menghangatkan tubuh dalam cuaca yang dingin. Cara menyembuhkan masuk angin dengan daun pepaya adalah merebusnya terlebih dulu setelah dicuci bersih. Air rebusan daun pepaya bisa berguna sebagai penghangat tubuh secara alami. Sementara untuk daun pepaya yang sudah direbus boleh dikonsumsi guna membantu menghilangkan bakteri penyebab flu atau masuk angin.

6. Lemon dan Madu

cara mengatasi masuk angin dengan lemon dan madu

Lemon mengandung vitamin C dosis tinggi yang berkhasiat mengembalikan stamina bagi tubuh. Manfaat vitamin C dalam lemon juga berfungsi memulihkan tubuh yang mengalami pilek, demam, dan radang pada saluran tenggorokan. Sediakan satu gelas air hangat dengan campuran perasan lemon serta madu untuk diminum setiap malam hari menjelang beristirahat.

7. Ubi Merah

Kandungan karbohidrat yang baik serta beberapa vitamin dan serat penting membuat ubi merah menjadi layak direkomendasikan. Cara menghilangkan masuk angin dengan ubi merah juga tidak sulit. Cukup konsumsi ubi merah yang telah dikukus secara rutin, terutama bila masuk angin disertai kembung dan flu berat.

8. Sup Ayam

Sup ayam termasuk obat masuk angin yang nikmat sekaligus ampuh. Dengan mengonsumsi satu mangkuk sup ayam, bisa meningkatkan stamina tubuh sehingga mampu memerangi kuman dan bakteri yang kemungkinan mengakibatkan peradangan di saluran pernapasan karena masuk angin.

9. Kumur Backing Soda

Langkah ini biasa dilakukan di negeri Sakura, Jepang. Masyarakat Jepang meyakini bahwa berkumur menggunakan larutan backing soda mampu mengurangi risiko terjangkit kuman yang menjadi penyebab masuk angin. Larutkan satu sendok teh backing soda dan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat. Gunakan sebagai obat kumur setelah beraktifitas cukup padat untuk menghindari infeksi bakteri di area tenggorokan.

10. Asupan Vitamin C

Ketika mengalami masuk angin, tubuh membutuhkan asupan vitamin lebih banyak dari biasanya. Kondisi tubuh yang sedang lemah harus diimbangi dengan asupan vitamin C yang berfungsi mengatur kembali metabolisme tubuh dan memulihkan kondisi tubuh yang lemas. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C melalui banyak jenis buah dan sayuran berwarna. Konsumsi buah dan sayur selama masuk angin bisa mengurangi efek masuk angin tersebut.

11. Kerokan Punggung

Kerokan adalah cara mengatasi masuk angin paling klasik yang dikenal masyarakat. Banyak pakar kesehatan yang sebenarnya tidak merekomendasikan cara ini untuk menghilangkan masuk angin. Namun, beberapa penelitian membuktikan bahwa dengan kerokan, tubuh akan mudah memproduksi thiamin untuk menghilangkan nyeri masuk angin. Kerokan boleh dilakukan sementara selama masuk angin diderita dengan teknik lembut tanpa penekanan pada bagian kulit punggung.

12. Menggunakan Botol Hangat

Sediakan satu botol kaca yang kosong, biasanya botol bisa berasal dari bekas minuman berenergi atau minuman lainnya. Tuang air panas dan air dingin biasa pada botol tersebut hingga penuh. Atur suhu botol hingga terasa hangat, kemudian gunakan untuk memijat bagian perut atau telapak kaki untuk menghilangkan rasa dingin dan meriang karena masuk angin.

13. Kurangi Begadang

Begadang menjadi penyebab masuk angin yang tidak disadari. Pada saat begadang, kebutuhan oksigen dalam tubuh akan mengalami gangguan yang akhirnya berdampak pada metabolisme tubuh anda. Buruknya sistem metabolisme tubuh ini mengakibatkan berbagai hormon tidak seimbang serta tidak mampu menangkal serangan kuman dan bakteri penyebab penyakit. Kurangi kebiasaan begadang jika tidak dibutuhkan untuk menghilangkan efek masuk angin tersebut.

14. Hindari Telat Makan

Masuk angin disebabkan oleh banyak hal terutama kebiasaan telat makan. Banyak orang zaman sekarang yang menyepelekan waktu makan mereka sehingga mudah terserang masuk angin. Menghindari telat makan adalah langkah tepat untuk mencegah masuk angin. Namun, bila sudah terlanjur masuk angin sebaiknya lakukan tindakan yang sama dengan lebih banyak makan untuk memulihkan tenaga anda.

15. Kentang Rebus

Makan kentang rebus saat tubuh sudah mulai merasakan masuk angin. Masuk angin biasanya ditandai dengan tubuh lemas, radang hingga pilek. Pada kondisi radang disertai demam dan pilek ini tubuh akan enggan untuk mengonsumsi nasi secara teratur. Anda boleh menggantinya dengan kentang yang dikukus sebagai makanan pengganti nasi. Kentang bisa mengurangi rasa tidak nyaman di perut dan memberikan efek kenyang lebih lama.

16. Kunyah Kedawung

Biji kedawung di Indonesia tidak sulit ditemukan. Meski memiliki bau yang cukup menyengat, orang-orang zaman dulu rajin mengonsumsi biji kedawung untuk mencegah masuk angin. Sementara itu, biji kedawung juga efektif mengurangi keluhan masuk angin seperti kembung dan sembelit.

17. Konsumsi Air Hangat

Mengonsumsi air hangat selama anda menderita masuk angin disarankan untuk mengurangi risiko terkena penyakit seperti flu atau berakibat demam yang tinggi. Untuk sementara waktu sebaiknya hindari mengonsumsi air dingin dan gantilah dengan air hangat untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Anda bisa merebus air hangat dan menyimpannya dalam termos untuk konsumsi minum.

Demikian artikel informatif tentang cara mengatasi masuk angin menggunakan bahan alami yang bisa mudah dijumpai disekitar anda. Dengan mengetahui berbagai tips tersebut diatas, diharapkan agar anda bisa mengobati masuk angin secara alami tanpa harus menggunakan obat-obatan yang berisiko jangka panjang. Semoga bisa bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.