Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengencangkan Perut Kendur Dengan Mudah Dan Aman

 

Cara Mengencangkan Perut

Ketika kita berbicara mengenai investasi, apa yang pertama ada di pikiran kamu? Sebagian orang mungkin akan langsung memikirkan uang atau materi yang bernilai jangka panjang. Kenyataan masih ada hal lain yang bisa kita lakukan untuk berinvestasi loh. Salah satunya adalah dengan menginvestasikan tubuh kita sendiri. Investasi tubuh terdengar sederhana tapi manfaatnya jangka panjang. Kita bisa fokus pada penampilan, kesehatan, atau keduanya. Dua-duanya berguna untuk berbagai kalangan. Bagi yang berprofesi sebagai model, penampilan jelas menjadi hal yang utama. Pekerjaan lain mungkin tidak begitu mensyaratkan penampilan yang ideal, selama kamu sehat dan mampu bekerja. Tapi kalau bisa sehat dan berpenampilan menarik, kenapa tidak?

Inilah Cara Mengencangkan Perut Yang Efektif

Penampilan yang baik dan kesehatan tubuh adalah bisa didapatkan semua orang. Tidak bergantung pada umur, jenis kelamin, profesi, atau hal lainnya. Tapi untuk mendapatkannya tidak semudah kita menerima ucapan selamat pagi dari teman. Berolahraga adalah aktivitas yang perlu kita lakukan dengan rutin untuk menjaga kesehatan tubuh dan membentuknya agar terlihat menarik. Jangan membuat sugesti bahwa olahraga itu berat ya! Kalau menurutmu memang berat, coba kita fokuskan dulu pada satu bagian tubuh, misalnya perut. Berikut ini adalah uraian cara mengencangkan perut dengan aktivitas olahraga yang mudah dilakukan.

1. Sit Up

Cara Mengencangkan Perut dengan sit up

Gerakan ini pasti sudah tidak asing lagi kan. Sit up adalah gerakan paling dasar untuk mengencangkan perut. Saking dasarnya, mungkin memang sudah diajarkan oleh guru olahraga kita sejak sekolah dasar. Jadi sudah terbayang kan bagaimana gerakannya. Dimulai dari gerakan tidur terlentang, atau bisa dengan agak menekukan lutut. Kedua tangan sebaiknya dilipat dengan telapak tangan mencapai belakang kepala.

Kemudian mulai lah bergerak membangunkan badan bagian pinggang ke atas menuju ke kaki yang dilipat, tanpa menggerakan tanganmu. Dan usakan postur tubuh lurus saat bangun, tidak membungkuk. Tidur dan bangun kembali, ulangi gerakan berkali-kali selama 10 menit untuk pemula. Kemudian tingkatkan waktunya menjadi 20-30 menit secara bertahap.

2. Bersepeda

Kalau kamu suka olahraga outdoor, bersepeda bisa jadi salah satu pilihan. Gerakannya sangat mudah dilakukan, karena kamu hanya perlu mengayuh sepeda pada pedalnya. Luangkan lah waktumu sekitar 30 menit setiap harinya untuk bersepeda. Bagian perut yang berlebihan lemak atau buncit, perlahan-lahan akan menghilang. Perut juga akan menjadi kencang, terutama di bagian otot.

Hebatnya, bersepeda tidak hanya bermanfaat untuk perut. Gerakan mengayuh sepeda berpengaruh terhadap kekencangan otot kaki dan jumlah kalori yang terbakar. Bagi yang tidak memiliki sepeda, tidak perlu khawatir. Walaupun lebih dikenal sebagai olahraga outdoor, bersepeda sebenarnya juga bisa dilakukan di dalam ruangan. Tempat olahraga fitness biasanya menyediakan sepeda statis untuk pelanggannya. Memang kamu tidak akan pergi kemana-mana jika bersepeda di sana, tapi manfaat yang kamu dapatkan sama saja kok.

3. Bicycle Crunch

Cara Mengencangkan Perut dengan bicyle crunch

Lebih simple lagi, kali ini olahraga dengan manfaat serupa saat bersepeda tapi tanpa sepeda. Jangan bingung karena memang tidak rumit. Pada dasarnya, bicycle crunch adalah gerakan olahraga tubuh yang diupayakan mirip seperti gerakan tubuh kita saat bersepeda. Memang ada beberapa modifikasi dalam gerakan.

Yang perlu kamu lakukan adalah membaringkan badan menghadap ke atas. Lipat dan taruh tangan di belakang kepala seperti sedang sit up. Bedanya, di sini kamu agak mengangkat sedikit kepalamu. Kaki diangkat lurus hingga membentuk sudut 45 derajat. Nah, lalu mulailah gerakan mengayuh dengan melipat kaki kanan dan kiri secara bergantian. Kepala dan sikutmu juga ikut digerakan ke kanan dan kiri, bersamaan dengan kayuhan kaki hingga si sikut menyentuh lutut kaki. Lakukan gerakan bicycle crunch minimal dua menit setiap harinya.

4. Squat

Gerakan ini tidak dilakukan dengan berbaring. Squat dilakukan sambil berdiri dan berjongkok di posisi badan 90 derajat, secara bergantian. Lakukan pengulangan gerakan 15 kali setiap waktunya. Perlu sangat diperhatikan posisi punggung itu lurus ya. Jangan dibiarkan membungkuk karena resikonya bisa cedera.

5. Jogging Dan Berjalan Kaki

Cara Mengencangkan Perut dengan jogging dan berjalan kaki

Cara mengencangkan perut yang paling mudah adalah dengan jalan kaki dan jogging. Jogging bisa kamu lakukan di pagi hari sekali sebelum pergi beraktivitas, atau justru di malam hari setelah melakukan kegiatan rutinitas setiap har atau minimal empat kali dalam seminggu. Kalau sedang lelah jogging, kamu bisa menggantinya dengan berjalan kaki. Utamanya memang jogging dan berjalan kaki itu untuk melatih pernapasan. Tapi kalau rutin dilakukan, lemak-lemak di tubuh akan berkurang, dan perut selanjutnya ikut mengencang.

6. Russian Twist

Gerakan Russian Twist fokus untuk mengecilkan dan mengencangkan perut. Walaupun otomatis punggung dan perut juga ikut terlatih untuk membentuk postur tubuh yang baik. Russian Twist sebenarnya cukup beragam, tapi ada gerakan yang mudah dilakukan. Kamu hanya perlu duduk dengan posisi kaki seperti bersila, tetapi lebih ke mempertemukan telapak kaki bagian bawah antara yang kanan dan kiri. Sedangkan tubuh bagian atas diusahan untuk tegak. Selanjutnya lakukan lah twist atau memutarkan bagian pinggang ke atas, ke arah kanan dan kiri sampai titik maksium (tidak dapat diputarkan lebih jauh) secara bergantian. Tahan gerakan di setiap putaran hingg 10 detik. Lebih baik dilakukan sampai dengan tiga kali set setiap harinya ya.

7. Gerakan Yoga Marjarasana

Cara Mengencangkan Perut dengan gaya yoga marjarasana

Melakukan gerakan yoga marjarasana itu sangat mudah dan terbilang tidak melelahkan. Gerakan ini baik untuk segala umur, dan bahkan tidak masalah jika dilakukan oleh ibu hamil. Gerakan yoga marjarasana baik untuk mengencangkan otot perut dan melenturkan tulang belakang. Karena ini termasuk gerakan yoga, gerakan marjasama mampu menenangkan pikiran dan mengontrol emosi kita loh. Kamu hanya perlu memposisikan tubuh seperti merangkak. Kemudian bawa perutmu untuk bergerak turun dan naik. Tahan masing-masing gerakan selama 30 detik. Dan lakukan gerakan ini 10 menit setiap harinya.

8. Plank Dan Side Plank

Plank dan Side Plank bermanfaat untuk mengencangkan perut terutama di bagian samping. Untuk Plank, kamu perlu memposisikan tubuh seperti sedang push up, tapi yang menekan lantai bukan permukaan telapak tangan melainkan tangan dari sikut ke bawah. Kaki percis seperti push up yaitu diluruskan. Tidak mengganti-ganti gerakan, kamu hanya perlu menahan posisi itu selama 1-2 menit. Side Plank juga serupa, hanya saja yang menahan tubuhmu itu cuma satu bagian tangan. Sedangkan tangan lainnya diangkat saja. Posisi tubuhmu menghadap ke samping ya.

9. Zumba

Olahraga satu ini mungkin lebih menyenangkan karena membutuhkan gerakan lincah sambil diiringi musik. Zumba itu seperti senam yang ditambahkan dengan unsur tarian salsa. Kalau kamu tidak sempat menjadwalkan waktu untuk pergi ke sanggar senam atau tempat fitness, kamu bisa mencari video Zumba di internet dan melakukannya sendiri di rumah. Khusus untuk perut, lemak di perut akan berkurang dan otot perut akan semakin kencang. Tapi Zumba ini bermanfaat bagi seluruh bagian tubuh, termasuk dapa menyehatkan jantung dan pikiran dari rasa stress atau depresi.

10. Hula Hoop

Beolahraga dengan bermain hula hopp mungkin lebih sering dilakukan oleh wanita. Kamu perlu menggoyangkan pinggang agar hula hoop yang dimainkan, tetap berputar dan tidak jatuh ke bawah. Lakukan minimal 10 menit setiap hari untuk membakar kira-kira 110 kalori tubuh. Karena fokus di perut, otomatis perutmu akan mengencang karena permainan ini. Manfaat lainnya, pinggul dan pahamu juga akan ikut mengencang loh.

Itulah 10 olahraga yang mudah untuk kamu lakukan setiap hari, dengan fokus pada upaya mengencangkan perut. Memang masih banyak gerakan lain yang sama serunya. Tapi daripada kamu pusing dengan banyaknya aktivitas olahraga, lebih baik rutin melakukan berbagai cara mengencangkan perut di atas. Ingat ya, kamu perlu konsisten meluangkan waktu berolahraga hingga menjadikan ini sebagai rutinitas. Tubuh yang ideal terbentuk karena proses, tidak ada yang instan. Semangat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.