Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Menghilangkan Kerutan Di Bawah Mata Dengan Cepat Dan Ampuh

cara menghilangkan kerutan di bawah mata

Kulit adalah aset baik bagi wanita maupun pria. Untuk menjaga penampilan, kamu perlu memperhatikan kondisinya secara mendetail. Termasuk jika kulit mengalami perubahan misalnya kerutan yang timbul secara alami seiring berjalannya waktu. Beberapa orang mungkin menganggapnya sebagai kekurangan. Bahkan walaupun kerutan tersebut hanya timbul sedikit di bawah mata.

Ini Cara Menghilangkan Kerutan Di Bawah Mata Yang Ampuh

Untuk memperbaiki kerutan dan keriput di wajah, kamu bisa menyiasatinya dengan melakukan perawatan kulit. Berikut ini adalah bahan dan cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami. Bahan alami ini baik dan tidak berbahaya bagi kulit sehingga tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Antara lain:

1. Tomat Dan Madu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan wajah. Tujuannya agar bahan-bahan alami yang kamu berikan pada wajah terserap dengan baik. Lalu siapkan tomat dan madu alami. Iris tomat dengan ketebalan yang cukup. Kemudian berikan madu pada permukaan potongan tomat tersebut. Setelah persiapan selesai, barulah kamu oleskan madu dengan potongan tomat tersebut ke bawah mata yang memiliki kerutan. Diamkan dan tunggu hingga kerung karena sudah meresap ke dalam kulit. Setelah itu bilas wajahmu dengan air. Kalau tidak dibilas nanti bisa-bisa wajahmu dikerumuni semut.

2. Nanas

cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan nanas

Banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit. Salah satunya buah nanas. Mungkin buah ini belum begitu familiar difungsikan untuk menjadi semacam serum kulit. Biasanya buah nanas dicampurkan dengan buah lain untuk dijadikan rujak atau menjadi isi dari kue nastar. Pengetahuan baru untuk kamu, nanas dapat membantu merangsang pengelupasan sel kulit mati. Dan yang paling utama dapat mengatasi kerutan pada kulit karena mengandung enzim bromelain yang merupakan bentuk alami dari AHA (alpha hydroxyl acid).

Cara penggunaannya bukan dihancurkan untuk dijadikan sebagai masker seperti buah-buah lainnya. Bagian yang kamu manfaatkan dari buah nanas adalah airnya. Makanya tadi disebutkan nanas dapat difungsikan seperti serum kulit. Air nanas dioleskan ke bagian kerutan lalu didiamkan selama 20 menit. Sama seperti tomat dan madu, setelah itu kamu perlu membilasnya dengan air untuk membersihkan wajah.

3. Susu Dan Gula Merah

Racikan bahan alami lain yang dapat kamu coba untuk menghilangkan kerutan di bawah mata adalah campuran susu dan gula merah. Kombinasi dua hal ini cukup ampuh untuk menghilangkan kerutan di bawah mata ditambah mengencangkan dan membuat kulit terlihat lebih bercahaya. Cara membuat ramuan ini yaitu pertama-tama kamu perlu mendidihkan susu. Kemudian campurkan susu dengan gula merah, tapi tidak dicampurkan di atas api atau kompor ya. Aduk hingga membentuk seperti krim. Aplikasinya sama seperti yang lain, dengan mengoleskannya pada kerutan yang ada di bawah mata. Tapi tunggu campuran susu dan gula merah ini hingga dingin sebelum bersentuhan dengan kulitmu.

4. Mentimun

 

cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan mentimun

Untuk yang satu ini, pasti kebanyakan dari kamu sudah mengetahuinya. Mentimun memang sudah biasa digunakan untuk merefleksi mata dengan menaruh irisannya tepat di atas mata kita. Agar semakin nyaman, sebelumnya potongan timun didinginkan dulu di dalam kulkas. Hal yang kamu lakukan ini juga benar jika kamu berniat untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Selain itu, kandungan enzim dan astringent dalam timun juga disebutkan mampu mencerahkan mata panda.

5. Minyak Zaitun

Kita langsung mulai saja, cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun murni mudah kamu peroleh di minimarket terdekat. Karena bentuknya minyak, sudah terbayang kan bagaimana cara pengaplikasiannya? Kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada kulit bawah mata yang memiliki kerutan. Sambil dioleskan, coba sedikit memijat-mijat kulitmu dengan lembut agar minyak zaitun cepat meresap. Lakukan ini sebelum tidur dan biarkan semalaman. Saat pagi, coba kamu bilas wajahmu dengan air dingin.

Minyak zaitun memang sudah terkenal dengan kemampuannya dalam menjaga kecantikan kulit. Hal ini tidak lain karena minyak zaitun mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin D, zat besi serta antoksidan yang baik untuk kulit. Bahkan mampu perlahan-lahan menghilangkan kerutan di wajahmu, termasuk yang ada di bawah mata. Jika kulit kamu termasuk jenis kulit kering, kamu juga bisa mengoleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan kulit di tubuhmu. Minyak zaitun bisa menjaga kelembapan kulit.

6. Es Batu

cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan es batu

Bahan alami yang paling sederhana dan mudah didapatkan adalah es batu. Kamu tidak perlu mencari atau membelinya di luar rumah karena kamu bisa membuatnya sendiri, asalkan kamu punya lemari pendingin. Suhu dingin yang ditransfer oleh es batu dapat memberikan efek refleksi. Sederhana, tapi juga bermanfaat untuk kulit, terutama yang mengalami kerutan. Es batu ini dapat membantu kita meningkatkan kekencangan kulit. Berbeda dengan bahan lainnya, pengaplikasiannya bukan dengan mengoleskan es batu pada kulit. Tetapi menggosok-gosokannya pada kulit yang berkerut, termasuk kulit yang ada di bawah mata.

7. Alpukat

Buah alpukat sudah biasa digunakan untuk merawat kulit. Biasanya dihancurkan sedemikian rupa dan dicampurkan dengan bahan lain untuk dijadikan sebagai masker wajah. Percaya atau tidak, alpukat juga mampu menghilangkan kerutan pada kulit, termasuk juga yang ada di bawah mata. Cara penggunaannya serupa dengan masker. Kamu perlu menghancurkan atau menghaluskan daging buah alpukat. Kemudian dibubuhkan pada kulit di bawah mata yang mengalami kerutan. Sedikit berbeda dengan masker, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, kamu perlu sedikit memberikan pijatan memutar saat pengaplikasiannya selama kira-kira 15 menit. Jika sudah selesai, bilas saja dengan air dingin.

8. Kulit Semangka

Bahan yang satu ini cukup unik. Semangka dapat digunakan untuk menghilangkan kerutan pada kulit di area bawah mata. Bukan buahnya yang dimanfaatkan melainkan kulitnya. Kamu bisa memakan daging buah semangka yang segar hingga habis tanpa menyisakannya sedikitpun. Tapi jangan memakan kulitnya ya. Coba menggosok-gosokan kulit semangka ke bawah mata. Tapi jangan lupa dibersihkan terlebih dulu ya. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

9. Kantung Teh Celup Bekas

cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan teh bekas

Jika kamu suka meracik teh, jangan buang kantungnya ya. Sudah sejak dulu kantung teh dimanfaatkan untuk merawat kulit di sekitar mata. Hal ini dikarenakan kantung teh bisa menghilangkan kerutan di bawah mata. Bukan teh baru yang kamu gunakan, melainkan teh celup basah yang sudah lembab tercampur dengan air. Siapkan dua kantung teh celup setiap kali penggunaan. Agar lebih maksimal manfaatnya dan terasa lebih nyaman di mata, kamu bisa mendinginkan terlebih dulu kantung es tersebut.

10. Jus Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi dan zat lainnya yang baik untuk kulit. Selain memberikan nutrisi yang baik, lemon juga dapat membantu menghilangkan kerutan pada kulit loh. Cara pengaplikasiannya mirip dengan air nanas. Kamu hanya perlu memeras lemon sampai menjadi jus. Lalu dibubuhkan pada area bawah mata yang mengalami kerutan.

Bahan-bahan alami di atas memerlukan waktu untuk memperlihatkan hasilnya. Kuncinya kamu harus bersabar dan disiplin. Kamu bisa coba bergantian menggunakan bahan di atas. Tapi cobalah untuk menjadikannya sebagai rutinitas. Tidak ada salahnya merawat kulit setiap hari, bukan.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.