Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengobati Mata Ikan Di Kaki Dan Tangan Tanpa Operasi Dengan Cepat

cara mengobati mata ikan
Ada satu penyakit yang tidak terlalu berbahaya tetapi sangat menyulitkan. Pernah mendengar mata ikan? Mata ikan adalah penyakit yang timbul karena serangan virus human papillomavirus (HPV), yang timbul di permukaan kaki. Jika mata ikan ini muncul di kakimu, kamu akan kesulitan untuk berjalan. Karena selain terasa ada yang aneh di kaki, mata ikan juga cukup menyakitkan.

Ini Cara Mengobati Mata Ikan Dengan Bahan Tradisional

Kalau mata ikan timbul segera lakukan pengobatan agar kamu dapat kembali beraktvitas dengan baik. Selain dengan obat yang beredar di pasaran, mata ikan juga dapat disembuhkan dengan bahan-bahan rumahan. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati mata ikan.

1. Getah Pepaya

Memiliki mata ikan bukanlah akhir dari segalanya. Kalau ini terjadi, ada bahan alami yang bisa segera kamu gunakan untuk mengobatinya. Beli lah buah papaya di swalayan atau toko terdekat. Bukan daging buahnya yang digunakan melaikan getahnya. Pertama, kamu harus membersihkan kaki terlebih dahulu agar khasiat dari getah papaya dapat tersalurkan dengan baik. Selanjutnya rendam kaki, terutama area mata ikan, dengan air hangat yang dicampur garam selama 15 menit. Setelah itu, barulah oleskan getah buah papaya pada mata ikan di kakimu. Buahnya mudah didapatkan, pengobatannya juga mudah dilakukan.

2. Soda Kue

cara mengobati mata ikan dengan soda kue

Soda kue sering digunakan untuk mengobati atau merawat tubuh kita. Begitu pun saat timbul mata ikan di kaki, bahan ini dapat berguna untuk mengobatinya. Terdapat dua pilihan mengatasi mata ikan dengan soda kue. Pertama dengan mencampurkan soda kue dengan sangat sedikit air hingga membentuk seperti pasta.

Jika pasta soda kue sudah siap, oleskan saja pada mata ikanmu. Kalau terasa terlalu perih, kamu bisa menggunakan cara kedua. Yaitu dengan membuat air rendaman kaki. Siapkan air hangat secukupnya dan campurkan sekitar 3 sendok soda kue. Rendamkan kakimu pada air yang sudah disiapkan tersebut. Rasanya akan terasa nyaman.

3. Bawang Putih

Menurut nenek moyang, bawang putih disebut mampu mengusir setan. Tahu tidak, kalau bawang putih juga bisa mengusir hal lain, seperti mata ikan. Bawang putih memiliki berbagai kandungan yang bergizi. Salah satu fungsi dari bawang putih adalah sebagai antibiotik yang mampu memusnahkan mikroorganisme pemicu infeksi kulit.

Mata ikan yang tumbuh di kaki akan sangat menggangu aktivitas kita. Oleh karena itu harus segera diobati. Biasanya, setiap rumah memiliki stok bawang putih di dapur. Cara mengobati mata ikan dengan bawang putih, bukan dengan cara mengalungkannya pada leher kita ya. Kamu perlu menghaluskan bawang putih, seperti akan membuat sambal uleg. Jika sudah halus, balurkan saja pada mata ikan di kaki. Akan lebih baik jika kamu menutupnya dengan perban dan didiamkan selama satu hari. Ganti perban dan baluran bawang putih tersebut secara rutin sampai mata ikanmu hilang.

4. Batu Apung

cara mengobati mata ikan dengan batu apung

Yang satu ini sebenarnya cukup sulit didapatkan, tapi sangat bermanfaat untuk mengobati mata ikan. Batu apung biasanya mudah didapatkan di daerah pantai. Sama seperti cara lainnya, kamu harus merendam kaki terlebih dahulu dengan air hangat selama 5-10 menit. Setelah itu, gosokan batu apung pada mata ikan di kaki. Pada dasarnya, mengobati mata kaki adalah dengan membuang mata ikan dengan mengikis kulitnya. Daripada kamu harus melakukan operasi dengan dokter, lebih baik menggunakan bahan alami ini.

5. Cuka Apel

Cuka apel adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati mata ikan. Cara kerjanya adalah dengan melembutkan area yang keras pada mata ikan di kaki. Yang kamu lakukan bukan dengan merendam kaki dalam cuka apel ya. Kamu hanya perlu merendam kapas dalam cuka apel. Kapas yang sudah direndam selanjutnya disimpan di atas mata ikan dan didiamkan selama satu malam. Penggunaan cuka apel ini cocok dikombinasi dengan batu apung. Karena setelah mata ikan mulai lembut, gosokan batu apung akan membantu mengobatinya dengan lebih cepat.

6. Sari Lemon

cara mengobati mata ikan dengan sari lemon

Lemon termasuk buah yang memiliki rasa asam. Makanya, kalau memakan buah ini biasanya dicampurkan dengan pemanis buatan ataupun alami. Tapi tahukah kamu, rasa asam dari buah ini ternyata memiliki fungsi? Salah satunya untuk mengobati mata ikan dengan cara melembutkan kulit yang mengeras di kaki. Penggunaanya tidak rumit. Kamu hanya perlu memeras sari buah lemon, lalu mengoleskan pada area kaki yang terkena mata ikan. Biarkan mengering sendiri dan lakukan pengulangan secukupnya.

Dengan menggunakan sari lemon. Dua sendok makan sari lemon didiamkan selama 15 menit dengan mencampurkan dua cengkeh ke dalamnya. Angkat terlebih dulu cengkeh dari rendaman sari lemon, sebelum selanjutnya dioleslkan pada mata ikan. Selain itu kamu juga bisa membuat krim pasta sari lemon. Caranya dengan mencampurkan sari lemon dengan satu sendok teh ragi Brewer. Oleskan saya krim pasta sari lemon tersebut pada mata ikan di kaki, dan diamkan semalaman.

7. Minyak Tanaman Jarak

Kalau kamu ingin mendapatkan hasil yang cepat, kamu harus mencoba cara mengobati mata ikan dengan bahan ini. Khasiat dari menggunakan minyak tanaman jarak atau castor oil dapat dilihat dalam 3-4 hari. Sama dengan bahan alami lainnya, minyak jarak mampu melembutkan tekstur mata ikan. Cara penggunaannya hanya dengan mengoleskannya saja pada area kaki yang ditumbuhi mata ikan. Kamu dapat mengoleskannya 3 kali dalam sehari.

8. Daun Dewa

cara mengobati mata ikan dengan daun dewa

Kamu yang terbiasa menggunakan bahan alami untuk mengobati berbagai penyakit mungkin sudah terbiasa dengan daun dewa. Daun dewa dapat mengobati diabetes, liver, hipertensi, dan penyakit lainnya. Ternyata daun ini juga mampu mengobati mata ikan yang tumbuh di kaki. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menumbuk 5 helai daun dewa sampai halus. Daun dewa yang sudah dihaluskan, selanjutnya dioleskan pada mata ikan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, balut saja mata ikan dengan perban dan biarkan semalaman agar khasiatnya terserap dengan baik.

9. Rokok

Yang satu ini mungkin hanya bisa dilakukan oleh beberapa orang karena termasuk pengobatan alami yang cukup ekstrim. Siapkan rokok yang menyala. Tidak, bukan dengan menyundutkan bara api pada mata ikan kok. Kamu hanya cukup mendekatkan bara api si rokok itu pada mata ikan yang tumbuh di kakimu. Lakukan selama kurang lebih 5 menit, dengan jarak kira-kira setengah meter. Kaki akan terasa lumayan panas, dan perlu kehati-hatian agar bara api tidak melukai kaki.

10. Pisang

Kalau yang sebelumnya terlalu berat untukmu, gunakan bahan yang lebih ramah, misalnya buah pisang. Karena mata ikan dapat disembuhkan dengan menghilangkan tekstur kerasnya yang tumbuh di kulit, pisang juga dapat digunakan untuk mengobati itu. Kamu hanya perlu menghaluskan daging buah mata ikan untuk selanjutnya dapat dijadikan bahan olesan pada mata ikan. Mata ikan yang sudah dioleskan dengan buah pisang, didiamkan selama 20 menit. Akan lebih cepat berguna jika menggunakan batu apung juga untuk menghilangkan mata ikan dari kulit.

Itulah 10 cara mengobati mata ikan dengan bahan alami. Tidak sulit dilakukan, dan banyak bahan alami yang ternyata masih mudah kita dapatkan. Ingat untuk menjaga kedisiplinanmu dalam menjalani pengobatan secara alami ya. Karena sesuatu yang alami membutuhkan waktu untuk memberikan manfaatnya. Semoga lekas sembuh!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.