Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

14 Cara Mengusir Semut di Rumah Agar Tidak Datang Lagi

cara mengusir semut

Semut terkadang menjadi binatang yang cukup menyebalkan bagi banyak orang. Pasalnya, meskipun jarang menggigit, semut seringkali merayap ke makanan ataupun minuman yang akhirnya merugikan manusia. Serangga yang terdiri dari berbagai jenis ini sering berkeliaran di meja makan sehingga tidak jarang bangkainya pun tertinggal di makanan yang akan dikonsumsi. Dengan alasan tersebut, banyak juga dari kita yang ingin membasmi serangga yang satu ini.

Ini Dia Cara Mengusir Semut Alamiah

Cara membasmi semut bisa dilakukan dengan membubuhkan kapur beracun atau pewangi ruangan. Namun, efek dari bahan-bahan dengan kandungan kimia tersebut juga tidak baik bagi sistem pernapasan manusia. Untuk itu, sebaiknya lakukan cara mengusir semut dengan cara tradisional seperti berikut ini!

1. Garam

Ternyata garam memiliki manfaat untuk mengusir semut yang sering mengerubungi makanan di meja makan. Cara menghilangkan semut dengan media garam ini adalah membuat larutan garam sebagai pengusir semut alami. Larutan garam dibuat dari 200 ml air bersih dengan 2 sendok makan garam dapur. Semprotkan larutan garam di tempat yang sering menjadi lokasi semut berkumpul. Anda bisa menggunakan larutan ini sampai beberapa kali.

2. Cuka Putih

cara mengusir semut dengan cuka putih

Aroma cuka putih sangat menyengat dan membuat semut menghindar dengan sendirinya. Bila kebetulan anda memiliki simpanan cuka putih di rumah, maka langsung semprotkan cuka putih tersebut pada area yang sering dilewati semuta atau ke sarang semut sekaligus. Cuka putih mampu mengusir semut tanpa membunuh semut tersebut.

3. Bedak Bayi

Semut tidak hanya bersarang di dapur atau ruangan lain yang mengandung bau makanan saja. Semut terkadang juga menghuni beberapa ruangan tertutup seperti laci ataupun lemari pakaian. Untuk mengatasi semut yang bersarang di lemari pakaian, anda bisa menggunakan bedak bayi. Aroma bedak bayi tidak begitu menyengat dan friendly bagi pakaian. Taburkan bedak bayi secukupnya di lemari yang sering menjadi tempat bermain semut. Semut pun akan enggan datang kembali.

4. Daun Sirih

cara mengusir semut dengan daun sirih

Daun sirih juga merupakan bahan efektif untuk mengusir semut yang mengganggu. Aroma daun sirih tidak disukai semut jenis apapun. Sediakan beberapa lembar daun sirih kemudian remas-remas untuk mengeluarkan aroma daun sirih tersebut. Taruh daun sirih di area yang sering menjadi tempat berkumpulnya semut atau untuk menutup lubang semut sekaligus.

5. Kopi

Aroma kopi yang banyak disukai manusia, ternyata justru menjadi wangi yang dibenci oleh semut. Semut pasti akan menjauhi bau kopi yang membuat serangga ini merasa tidak nyaman. Anda bisa mengusir semut dengan menaburkan bubuk kopi instan di beberapa area yang sering menjadi tempat serangga ini berkumpul. Bubuk kopi bermanfaat untuk mengusir semut agar tidak lagi melewati area tersebut dan bukan untuk membasmi semut.

6. Buah Mengkudu

cara mengusir semut dengan buah mengkudu

Buah mengkudu adalah jenis buah yang memiliki aroma menyengat. Untuk mengusir semut menggunakan mengkudu, anda cukup melemparkan buah mengkudu ini pada lorong atau menutup sarang semut dengan irisan buah mengkudu. Cara mengusir semut dengan buah mengkudu terbilang efektif terutama untuk jenis semut merah atau semut api.

7. Backing Soda

Biasa digunakan sebagai tambahan pembuat kue, ternyata backing soda punya manfaat tersembunyi sebagai pengusir semut. Bahkan manfaat backing soda untuk mengusir semut juga efektif sebagai pembasmi semut. Caranya adalah dengan mencampurkan backing soda dengan gula halus secukupnya. Taruh di lorong semut agar semut terkecoh memakan backing soda tersebut. Backing soda mengandung ragi yang otomatis bisa membunuh semut yang merisaukan anda.

8. Jeruk Nipis

cara mengusir semut dengan jeruk nipis

Jeruk nipis bisa digunakan sebagai bahan pengusir semut. Aroma jeruk nipis yang cukup menyengat dan memiliki kandungan asam yang tinggi bisa membuat semut enggan hadir kembali di rumah anda. Peras jeruk nipis dan ambil airnya, siramkan pada lorong semut atau pada kaki meja makan anda. Selain jeruk nipis, bisa juga menggantinya dengan jeruk limau.

9. Serai

Selain jeruk, ternyata semut juga tidak menyukai aroma daun serai. Serai memang memiliki aroma yang menyengat sehingga bisa mengusir binatang terutama serangga dengan mudah. Untuk mengusir semut menggunakan serai adalah dengan menaruh batang serai yang sudah dibelah terlebih dulu. Letakkan di lorong-lorong tempat semut biasa lewat. Biarkan selama dua hari kemudian ganti serai dengan yang baru.

10. Cabe

Cabe mungkin termasuk bumbu dapur yang tidak disukai semua binatang. Selain rasanya yang pedas, cabe juga memberikan efek panas pada kulit. Nah, semut juga memiliki pori-pori kulit yang akan terangsang saat bersentuhan dengan cabe. Gunakan cabe sebagai bahan pengusir semut alami. Caranya, dengan mengoleskan bagian dalam daging cabe rawit pada lokasi-lokasi yang sering dilewati semut atau langsung ke sarang semut tersebut. Anda juga bisa membuat larutan cabe untuk ditaruh di antara kaki meja makan agar semut tidak bisa naik ke meja makan.

Buatlah larutan cabe dengan merendam cabe yang sudah dibuka bagian dagingnya dengan 400 ml air. Letakkan pada potongan botol air mineral dan celupkan kaki meja makan tersebut pada masing-masing larutan yang disiapkan.

11. Mentimun

Pembasmi semut paling ampuh selanjutnya adalah dengan menggunakan mentimun. Mentimun memiliki rasa yang manis tapi tidak disukai oleh semut. Untuk mengusir semut dengan mentimun, cukup dengan mengiris mentimun dan meletakkannya di lokasi yang sering dilewati oleh semut. Anda bisa melihat hasilnya!

12. Menutup Lubang Semut

Lubang semut hampir selalu ada di setiap rumah. Inilah yang menjadi gerbang utama masuknya semut ke dalam rumah, sehingga harus ditutup untuk mencegah semut datang ke rumah. Tutup lubang semut dengan menggunakan kain lembut atau kapas yang telah dicelupkan pada minyak tanah. Bila tidak ada minyak tanah, anda bisa menggantinya sengan oli atau bensin. Sementara menutup lubang semut juga harus dilakukan secara berkala, jadi gantilah kapas setiap seminggu sekali.

13. Menutup Makanan

Menggunakan penutup makanan sangat disarankan tidak hanya sebagai pelindung dari binatang lalat dan sejenisnya tetapi juga dari semut. Untuk menghindari semut mengerubungi makanan, sebaiknya simpan makanan yang mengandung aroma manis ke dalam toples atau semacamnya.

14. Memperhatikan Sampah

Semut tidak hanya mengerubungi sisa makanan atau minuman yang tumpah saja. Anda wajib memperhatikan sampah yang ada di rumah sebagai tempat hunian semut. Bersihkan tong sampah secara rutin setiap tiga hari sekali untuk menghindari datangnya semut. Sebaiknya, pisahkan juga antara sampah organik dan non organik.
Selain melakukan berbagai trik untuk mengusir semut dengan bahan-bahan alami diatas, ada baiknya mencegah semut masuk ke rumah atau ruangan dengan menerapkan beberapa langkah pembersihan. Sebelum semut datang mengganggu kenyamanan anda, lakukan beberapa cara mencegah semut seperti berikut ini:

  • Dengan menjaga kebersihan, bisa dimulai dari sisa makanan atau cemilan yang berserakan di lantai. Hindari adanya sisa makanan yang berserakan dilantai, bukan hanya makanan manis saja ya! Makanan dan minuman yang memiliki rasa unik cenderung disukai oleh semut.
  • Menyapu Lantai dengan rutin merupakan langkah yang tepat untuk mencegah semut berkeliaran di dalam rumah. Jadi, jangan hanya ketika ada sisa makanan berserakan saja anda memutuskan untuk menyapu lantai. Menyapu lantai bisa rutin dikerjakan setiap dua kali sehari khususnya di bagian ruangan yang sering menjadi tempat berkumpul.

Demikian artikel informatif tentang tips mengusir semut dengan bahan alami yang bisa disampaikan. Dengan mengetahui cara mengusir semut diatas, anda bisa mencobanya terlebih dulu untuk rumah bebas dari gangguan semut tanpa menggunakan racun atau obat-obatan. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.