Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

20 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Paling Cepat Dan Terbukti Ampuh

makanan penurun kolesterol

Kolesterol merupakan bagian yang selalu ada di setiap sel tubuh manusia. Terdapat dua macam kolesterol dalam tubuh yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol jahat merupakan musuh bagi semua manusia karena merupakan sumber segala penyakit berbahaya, sedangkan LDL dibutuhkan manusia untuk memproduksi hormon, mencerna makanan, dan memproduksi vitamin D. Tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah akan memicu penyakit mematikan seperti serangan jantung, stroke, dan diabetes.

Berbagai Jenis Makanan Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Beruntunglah kita hidup di Indonesia yang memiliki iklim tropis serta tanah yang subur, sehingga banyak ditemukan berbagai bahan makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol secara alami. Beberapa jenis makanan penurun kolesterol yang disarankan untuk anda adalah sebagai berikut ini!

1. Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C alami yang kemudian membuatnya mampu menjadi buah yang direkomendasikan untuk mencegah penyakit apapun. Mengonsumsi buah jeruk juga efektif untuk memperbaiki kondisi lipid darah pada penderita kolesterol tinggi. Kandungan folat dan flavonoid dalam buah jeruk juga membantu meringankan penyakit akibat kolesterol.

2. Oatmeal

makanan penurun kolesterol dengan oaetmal

Mengonsumsi oatmeal saat sarapan disarankan bagi anda yang memiliki masalah kesehatan jantung dan ingin mengurangi kadar kolesterol. Oatmeal bisa memberikan rasa kenyang yang nyaman pada perut sekaligus menyeimbangkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

3. Almond

Jenis kacang-kacangan yang bermanfaat sebagai penurun kolesterol adalah kacang almond. Kacang almond mengandung protein tinggi, serta asam lemak tak jenuh tunggal yang mampu bekerja maksimal menurunkan kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari kacang almond ini bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsinya setiap hari sebanyak 50 gram saja.

4. Ikan Salmon

Ikan laut yang disarankan sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol adalah ikan salmon. Ikan yang satu ini mengandung asam lemak omega3 yang dikenal dengan nama EPA dan DHA yang mampu menurunkan trigliserida untuk meningkatkan kadar kolesterol yang baik dalam tubuh. Ikan salmon juga berfungsi menurunkan risiko penyakit jantung yang dikarenakan tingginya kadar kolesterol.

5. Teh Hijau

makanan penurun kolesterol dengan teh hijau

Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, teh hijau bisa dikonsumsi dengan aman setiap harinya. Untuk menurunkan kolesterol jahat, teh hijau merupakan sumber nutrisi yang penting karena membantu menyerap kolesterol di saluran cerna serta mencegah penumpukan plak kolesterol.

6. Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak yang baik untuk menjadi sumber energi bagi tubuh. Kandungan lemak tak jenuh dan juga vitamin B kompleks akan semakin membantu tubuh lebih bugar sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

7. Kedelai

Selain almond, kacang yang direkomendasikan adalah kacang kedelai. Kacang kedelai mengandung asam lemak tak jenuh ganda, mineral, serat dan vitamin yang tinggi untuk mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi kedelai dengan cara dibat sari kedelai yang direbus terlebih dulu. Hindari penambahan gula pada setiap minuman yang dikonsumsi.

8. Minyak Zaitun

makanan penurun kolesterol dengan minyak zaitun

Bila anda termasuk orang yang susah menghindari makanan yang digoreng, sebaiknya gantilah tipe minyak yang digunakan saat memasak. Minyak goreng biasa juga bisa memicu kolesterol yang tinggi meskipun minyak dalam keadaan baru. Untuk itu, beralihlah dengan menggunakan minyak zaitun untuk menumis masakan anda. Atau, bila memungkinkan ubahlan pola makan anda dengan menikmati makanan yang diolah dengan cara direbus tanpa minyak sedikitpun.

9. Bawang Putih

Sudah sejak lama, bahan penyedap makanan ini dijadikan sebagai penolong untuk penderita berbagai penyakit mematikan. Bawang putih memang mengandung manfaat yang besar untuk kesehatan seperti mampu menurunkan tekanan darah, menyeimbangkan kadar gula darah, hingga sebagai obat ampuh mengatasi kolesterol tinggi. Mengunyah bawang putih mentah satu siung per harinya akan menurunkan kolesterol jahat secara alami dan mencegah tingginya kadar kolesterol tersebut secara signifikan.

10. Cokelat Hitam

Makanan untuk penderita kolesterol yang aman berikutnya adalah Dark Chocolate atau cokelat hitam. Kandungan theobromine yang ada pada cokelat hitam bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat sekaligus menambah kadar kolesterol baik.

11. Buah Naga

makanan penurun kolesterol dengan buah naga

Buah naga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya berguna sebagai penurun hipertensi, buah naga juga mampu mengurangi kolesterol jahat dalam darah serta menghancurkan plak kolesterol yang menutupi pembuluh darah.

12. Buah Berry

Berbagai jenis buah berry seperti gojiberry, strawberry, blueberry dan sebagainya mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Manfaat antioksidan alami tersebut adalah menyeimbangkan kadar kolesterol dengan mengurangi HDL dan meningkatkan LDL dalam darah.

13. Pepaya

Buah penurun kolesterol jahat berikutnya adalah buah pepaya. Buah berwarna oranye ini mengandung antioksidan berupa likopen, vitamin C serta vitamin E yang berguna untuk membentuk enzim paraxonase. Enzim paraxonase ini berfungsi menghambat oksidasi kolesterol pada pembuluh darah.

14. Jambu Biji

makanan penurun kolesterol dengan jambu biji

Jambu Biji tidak hanya mengandung vitamin serta antioksidan saja, tetapi juga kaya serat serta kalium. Manfaat serat dan Kalium adalah untuk menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi. Mengonsumsi jambu biji sebanyak 400 gram setiap harinya bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

15. Pir

Menjadi salah satu buah dengan kandungan air yang tinggi, pir juga direkomendasikan sebagai buah penurun kolesterol. Kandungan serat berupa Pektin dalam buah pir bisa berfungsi sebagai penurun kolesterol jahat dalam tubuh dengan mengikat dan membawanya keluar dari tubuh.

16. Apel

Mengonsumsi buah apel sebaiknya bersama dengan kulit setelah dicuci bersih terlebih dulu. Buah apel kaya akan serat alami berupa pektin yang utamanya terdapat di bagian kulitnya. Sama seperti buah pir, kandungan pektin dalam buah apel akan mengangkut kolesterol jahat keluar dari tubuh bersama dengan keluarnya urin dan feses.

17. Beras Merah

Kandungan vitamin B, selenium dan magnesium yang terdapat pada beras merah bisa menjadi makanan penurun kolesterol yang sangat cepat menunjukan reaksinya. Mengganti makan siang dengan satu porsi beras merah disarankan bagi anda yang ingin menurunkan kolesterol jahat.

18. Gandum

Gandum dikategorikan sebagai bahan makanan yang mampu menurunkan kolesterol secara signifikan. Kandungan dalam gandum berupa serat alami membantu menurunkan kolesterol jahat sekaligus kadar gula dalam darah. Konsumsilah gandum sebagai menu sarapan harian dalam bentuk roti atau sereal gandum.

19. Bayam

Satu mangkuk sup bayam bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan energi pada tubuh. Bayam diperkaya berbagai vitamin dan mineral yang berfungsi juga untuk mengurangi risiko jantung koroner, diabetes, hingga tekanan darah tinggi.

20. Buncis

Selain bayam, sayuran yang mampu mengatasi tingginya kadar kolesterol jahat adalah buncis. Sayur buncis mengandung lemak tak jenuh ganda yang mencegah oksidasi LDL dalam darah serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Demikian artikel tentang berbagai jenis makanan penurun kolesterol. Dengan mengetahui berbagai jenis makanan tersebut diatas, diharapkan agar anda bisa menurunkan kolesterol secara alami hanya dengan mengonsumsi makanan yang dipaparkan diatas tentunya tanpa menggunakan obat-obatan. Semoga bisa bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.