Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

20 Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi Paling Ampuh Dan Aman

makanan untuk penderita darah tinggi

Hipertensi atau yang juga dikenal dengan darah tinggi merupakan sebuah kondisi serius yang akan berakibat fatal bagi penderitanya bila tidak segera mendapat penanganan. Tekanan darah tinggi identik kaitannya dengan asupan sodium yang terlalu berlebihan. Namun, bukan berarti dengan mengonsumsi garam dalam jumlah sedikit anda bisa lepas dari risiko hipertensi. Beberapa langkah untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat maupun terapi makanan sehat.

Jenis Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi Yang Ampuh

Makanan untuk penderita darah tinggi juga banyak tersedia dari alam. Tidak begitu sulit untuk menemukan berbagai tipe makanan yang bisa membantu tekanan darah anda lebih stabil dan tidak menimbulkan risiko berbahaya. Berikut ini beberapa jenis makanan penurun darah tinggi yang disarankan! Antara lain:

1. Susu Tanpa Lemak

Susu skim yang tidak mengandung lemak disarankan bagi anda yang menderita hipertensi akut. Pada susu skim terkandung kalsium padat, vitamin D serta nutrisi yang penting dan dibutuhkan tubuh, terutama karena fungsinya untuk menurunkan tekanan darah hingga 10% per gelas susu.

2. Kentang Rebus

 

makanan untuk penderita darah tinggi dengan kentang rebus

Kentang merupakan jenis makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti camilan sehat. Kentang yang disarankan adalah kentang panggang atau kentang rebus yang tidak menggunakan minyak saat mengolahnya. Kandungan magnesium pada kentang membantu melancarkan aliran darah.

3. Telur

Putih telur mengandung protein tinggi, vitamin D, dan nutrisi yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Pada penelitian yang diumumkan saat American Chemical Society menyebutkan bahwa telur juga tidak menimbulkan risiko penyakit jantung bila dikonsumsi secara benar. Mengonsumsi putih telur setiap pagi bisa membantu menurunkan faktor hipertensi.

4. Buah Bit

Penurunan tekanan darah tinggi sebanyak 10mmHg bisa ditempuh dengan rutin mengonsumsi buah bit. Buah bit mengandung nitrat yang mampu berubah menjadi oksida nitrat untuk melebarkan pembuluh darah serta membantu sirkulasi darah.

5. Brokoli

makanan untuk penderita darah tinggi dengan brokoli

Brokoli merupakan sayuran untuk penderita darah tinggi yang banyak digemari, sehingga tidak sulit untuk mereka yang menderita darah tinggi mengonsumsinya. Untuk penderita tekanan darah tinggi, mengonsumsi brokoli dengan kandungan magnesium, kalium serta kalsium sudah mampu mengurangi kerusakan arteri yang menjadi pemicu hipertensi.

6. Minyak Wijen

Untuk mengurangi tekanan darah tinggi anda juga bisa menggunakan minyak wijen sebagai pengganti minyak goreng. Pakailah minyak wijen untuk memasak atau menumis yang akan bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Minyak wijen mengandung asam lemak dan antioksidan berupa sesamin, sesamolin serta oryzanol.

7. Pisang

Kandungan Kalium tinggi yang terdapat dalam buah pisang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Pada satu butir buah pisang mengandung 420 miligram dari 4.700 miligram Kalium yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Dengan mengonsumsi pisang secara rutin juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Biji Rami

makanan untuk penderita darah tinggi dengan biji rami

Biji rami juga termasuk makanan untuk penderita darah tinggi yang ingin menurunkan tekanan darahnya. Dengan cara menaburkan biji rami ke dalam makanan yang dikonsumsi ternyata mampu memberikan penurunan tekanan diastolik hingga 7 mmHg.

9. Cokelat Hitam

Cokelat hitam yang sering disebut Dark Chocolate juga mengandung flavonoid alami sebagai antioksidan. Dikutip dari laman Prevention, mengonsumsi secara rutin cokelat hitam mampu memberikan efek penurunan tekanan darah yang signifikan.

10. Delima

Buah delima mengandung manfaat yang besar bagi penderita darah tinggi. Tahun 2012 lalu, penelitian terkait menemukan bahwa sekitar 100 gram buah delima yang dikonsumsi rutin setiap harinya selama satu bulan bisa menurunkan tekanan darah yang tinggi.

11. Oatmeal

makanan untuk penderita darah tinggi dengan oatmel

Makanan untuk penderita darah tinggi berikutnya adalah oatmeal. Oatmeal sangat disarankan sebagai menu sarapan untuk penderita hipertensi. Oatmeal diolah dari bahan bernutrisi dan mengandung serat alami untuk membantu menjaga tekanan darah menjadi normal lagi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, mengonsumsi oatmeal secara rutin saat sarapan mampu mengontrol tekanan darah sistolik dan diastolik.

12. Yoghurt

Olahan susu berupa yoghurt memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan Kalsium dalam yoghurt juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebanyak 130 gram yoghurt yang dikonsumsi dengan rutin akan memenuhi sepertiga kebutuhan kalsium tubuh setiap harinya.

13. Sayuran Hijau

Mengonsumsi sayuran hijau dengan rutin adalah cara praktis untuk membantu anda menurunkan tekanan darah. Sayuran hijau mengandung vitamin dan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan mengatasi penyumbatan aliran darah. Beberapa jenis sayuran hijau yang disarankan untuk penderita hipertensi adalah bayam, selada, seledri, lobak, sawi dan sebagainya.

14. Buah Berry

makanan untuk penderita darah tinggi dengan buah berry

Buah yang tergolong sebagai buah berry, terutama blueberry memiliki kandungan flavonoid yang amat tinggi. Senyawa antioksidan tersebut mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi bila dikonsumsi dengan rutin. Beberapa jenis buah berry lainnya juga mengandung senyawa yang sama meski kadarnya berbeda-beda seperti strawberry, raspberry, atau gojiberry.

15. Ikan Trout

Salah satu jenis ikan yang disarankan untuk penderita hipertensi ada;ah ikan Trout. Ikan Trout mengandung vitamin D yang efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan juga berfungsi untuk menurunkan hipertensi.

16. Flaxseed

Flaxseed mengandung omega 3 yang efektif menurunkan hipertensi. Pada penelitian yang dilakukan jurnal Hypertension tahun 2013 silam menyebutkan bahwa mengonsumsi flaxseed secara rutin selama enam bulan mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Flaxseed memang mengandung asam alfa linolenik , lignin, peptida, serta serat untuk membantu tekanan darah menjadi normal kembali.

17. Bawang Putih

makanan untuk penderita darah tinggi dengan bawang putih

Bumbu dapur yang kaya akan manfaat kesehatan. Dikenal sebagai penyedap masakan, bawang putih juga memiliki khasiat sebagai makanan untuk penderita darah tinggi. Tidak hanya itu, bawang putih ternyata juga termasuk obat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk membantu normalnya tekanan darah, konsumsi satu siung bawang putih mentah setiap pagi hari selama dua minggu. Cara ini efektif untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

18. Kedelai

Kacang kedelai mengandung protein dan senyawa antioksidan yang berfungsi mengurangi penyumbatan aliran darah. Untuk 100 gram kedelai, juga mencukupi kebutuhan 1/3 protein tubuh serta mengurangi risiko penyakit mematikan seperti stroke dan serangan jantung yang awalnya dipicu oleh tekanan darah tinggi.

19. Roti Gandum

Mengganti cemilan sehat anda dengan roti berbahan gandum disarankan untuk membantu tekanan darah menjadi normal. Roti gandum kaya akan serat alami yang berfungsi menurunkan tekanan diastolik hingga 7mmHg.

20. Buah Naga

Buah dengan manfaat yang besar dan mengandung banyak nutrisi penting bagi kesehatan. Ya, kandungan buah naga berupa vitamin C. A, dan E, sekaligus antioksidan mampu menghambat berbagai racun dalam tubuh dan memperlancar peredaran darah untuk menerima oksigen lebih banyak.
Demikian artikel tentang makanan untuk penderita darah tinggi yang bisa kami sampaikan. Dengan mengetahui berbagai jenis makanan tersebut diatas, anda bisa jadikan referensi saat ingin menurunkan tekanan darah secara alami. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.